Rute ke pangandaran

shares |

Pangandaran terkenal dengan pantainya yang landai, area untuk bermain atau  berenangnya cukup luas, panoramanya yang begitu indah, pasir putih, Sunrise, sunset dll. Anda yang sudah pernah kesana pastinya ingin kembali lagi. dan yang belum dibuat penasaran untuk segera kesana.

Jalan untuk menuju ke Pangandaran :
• Dari Jakarta keluar gerbang tol paling ujung di Bandung yaitu gerbang tol Cileunyi
• Keluar gerbang tol  Cileunyi pilih ke kanan, sekitar 300 meter ada putaran untuk belok ke kanan.
• Dari Cileunyi ini kita menuju ke arah timur,
• Jarak dari Bandung ke Pangandaran yang akan ditempuh kurang lebih 200KM
• Kita tinggal mengikuti  jalan raya, jalan utama, jalur selatan  seperti halnya akan menuju Jawa tengah, tetapi bedanya ini hanya sampai di Kota Banjar (Ciamis), kemudian dari kota Banjar ini ada simpangan ke kanan untuk nantinya sampai di Pangandaran.

• Dari arah Bandung menuju ke timur, setelah melewati Rancaekek dan Cicalengka kita akan melalui turunan curam Nagreg, di turunan Nagreg ini ada persimpangan (jalan bercabang) ke Tasikmalaya dan ke Garut, kita pilih yang kiri ( ke Tasikmalaya)
• Memasuki kota kecamatan  Malangbong kita belok kanan (pokoknya pilih jalan yang lebih besar ketika anda menemui persimpangan, pertigaan atau perempatan)
• Sampai di kota kecamatan Rajapolah Tasikmalaya, anda pilih  jalan layang / jembatan layang, karena kalau lewat bawah itu melalui dalam kota Tasikmalaya tentunya banyak hambatannya
• Anda akan melewati Kota Ciamis kemudian sampai di Banjar. Di Banjar akan ada simpangan ke arah kanan menuju Pangandaran. Perhatikan penunjuk jalan karena kalau kelewat anda akan sampai di Jawa tengah :)
• Jarak dari Banjar ke Pangandaran adalah sekitar 60 km, waktu tempuh dari Banjar kurang lebih 1,5 sampai 2 jam tergantung kecepatan kendaraan. Dari Banjar menuju Pangandaran ini jalannya tidak begitu besar tetapi cukup apabila 2 bis besar saling  berpapasan hanya harus pelan atau salah satu harus mengalah berhenti..