Proposal usaha Chesee Potato "CHEEPOT" kewirausaha 2
22.16 |
|
Dewi Yulianti
Fitri yanih
Fikri Arief
Risma Detriana
Sri Nopia Lestari
Jalan Margonda Raya
Depok, Jawa Barat
BAB I
Latar Belakang
1.1 Latar Belakang
Berkembangnya pola hidup masyarakat pada
saat ini, yaitu masyarakat yang menyukai segala sesuatunya secara cepat dan
instant. Mereka tidak mau repot untuk hal itu, maka dari itulah mereka harus
mencari sebuah solusi untuk mengatasi rasa lapar disela kesibukan mereka.
Dengan cara apa? Yaitu dengan memilih pelayanan yang tepat, cepat, murah dan
tidak sulit bagi masyarakat sebagai calon konsumen untuk mendapatkannya dan
tentunya juga menyehatkan bagi konsumen yang mengkonsumsinya.
Semakin
bervariatifnya berbagai macam makanan yang ada di masyarakat yang disebabkan
oleh selera dan keinginan masyarakat yang berbeda-beda, hal ini tentu memaksa
para usahawan untuk bekerja secara kreatif dan seinovatif mungkin untuk
menemukan produk makanan apa yang akan diminati dan dibutuhkan pada saat ini.
Pilihan untuk menjadikan produk ini menjadi sebuah peluang usaha yang baru
adalah karena selain proses penyajian yang mudah dan murah, produk makanan ini
juga menyehatkan dan mengenyangkan. Mengapa demikian? Dikarenakan bahan baku
yang digunakan untuk membuat “cheese potato” adalah kentang, yang diproses
secara higienis tanpa tambahan kimia apapun. Kentang yang memiliki kandungan
karbohidrat yang cukup tinggi dapat dijadikan sebagai pengganti nasi, dan
terdapat protein yang diperoleh dari keju dan sosis. Dan semoga cheese potato
ini dapat diminati oleh kalangan masyarakat. Tentunya dapat menjadi makanan
favorit masyarakat karena citra rasa yang lezat dan gurih namun harga
terjangkau.
1.2 Misi dan Visi
1.
Misi
Menjadikan “Cheese Potato” sebagai makanan
yang disukai oleh seluruh lapisan masyarakat dan membantu menyehatkan
masyarakat dengan makanan yang bermutu tinggi, bergizi dan halal.
2.
Visi
1.
Menghasilkan produk
yang menyehatkan
2.
Menciptakan produk makanan yang dapat
terjangkau untuk semua kalangan
3.
Mengutamakan kualitas dalam hal pelayanan
dan produk
1.3 Tujuan
1.
Mengajak masyarakat untuk hidup sehat dengan produk
cemilan yang kami tawarkan.
2.
Memperoleh kepercayaan yang optimal dari konsumen,
sehingga dengan adanya kepercayaan yang diberikan diharapkan usaha yang telah dijalankan
dapat lebih berkembang.
3.
Untuk mengembangkan ide, kreativitas dan inovasi
4.
Untuk mencari peluang bisnis melalui kegiatan
berwirausaha
5.
Membuat produk yang praktis dan
unik
BAB II
Company Profil
2.1 Nama Perusahaan
Kami mendirikan usaha ini dengan
nama “CHEEPOT (Cheese Potato)”, nama tersebut terbentuk atas kesepakatan
pihak-pihak terkait.
Nama
Usaha : PT. Sukses Besama
Nama
Produk : Cheepot (Cheese Potato)
Bidang
Usaha : Makanan ringan
Alamat
Usaha : Jl. Altenatif cibubur, raffles hills
Nomer
Telpon/WA : 0896 3362 3197
Email : cheepot.cheesy@gmail.com
Instagram : cheepot.cheesy
Job Description:
1.
Owner
Bertanggung
jawab atas perencanaan pengkoordinasian, pengarahan, dan pengawasan serta
peningkaan mutu.
a.
Memimpin dan
mengendalikan semua kegiatan usaha cheesy potato
b.
Merencanakan dan
menyusun program kerja
2.
Keuangan
a.
Membuat perencanaan
keuangan, mulai dari perencanaan pengeluaran dan penerimaan
b.
Menyusun laporan
keuangan harian, mingguan, bulanan dan tahunan
c.
Mengatur kas,
menangani pembayaran atas kewajiban dan membuat catatan transakasi kas
d.
Melakukan pembelian
untuk bahan baku
e.
Mengatur keuangan
stock bahan baku
3.
Produksi
a.
Melaksanakan dan
menjalankan rencana produksi
b.
Bertanggung jawab atas
pengendalian bahan baku dan peralatan
c.
Membuat atau
memproduksi bahan baku menjadi makanan siap saji
d.
Mengontrol setiap
produksi yang di jual kepada konsumen
e.
Berinovasi setiap
saat dari segi rasa dan penyajian dengan mengikuti perkembangan yang ada
4.
Marketing
a.
Melakukan promosi
kepada konsumen melalui media sosial
b.
Memberikan informasi
mengenai produk yang dijual
c.
Menjalin komunikasi
yang baik dengan pelanggan
d.
Mempertahankan
pelanggan yang telah ada
e.
Membuat laporan
penjualan
BAB III
Segmentasi Pasar
3.1Segmentasi
Pasar
1. Geografi
Daerah
yang kami pilih sebagai sasaran untuk menjual produk yaitu di daerah Depok dan
Cibubur. Alasan kami memilih daerah itu karena dekat dengan tempat pembuatan
produk dan ramai penduduk. Selain itu juga karena
lokasinya dekat dengan perumahan, sekolah dan jalan raya yang ramai dilewati
masyarakat.
2. Demografi
Dilihat dari segi
demografi, usaha kami ini disesuaikan dengan berbagai umur. Dari anak-anak
hingga dewasa dapat mengkonsumsinya. Khusus mereka yang menyukai makanan yang
berbahan dasar kentang. Kelezatan dan cita rasa sangatlah kami perhatikan untuk
mendapatkan kepuasan pelanggan.
3. Psikografi
Produk ini ditujukan untuk gaya hidup makanan yang
sehat. Karena produk ini mengandung karbohidrat tinggi yang dapat menggantikan
nasi dan protein yang terdapat dalam sosis dan keju. Karena berasal dari
bahan-bahan yang terjangkau, maka kami dapat menjualnya dengan harga yang
terjangkau juga.
3.2 Analisis
SWOT
Produk
·
Strength
Produk terbuat dari bahan yang mudah didapat, berkualitas baik dan higienis. Kandungan
karbohidrat yang cukup tinggi dan cepat mengenyangkan walau hanya memakan
beberapa cheesy potato.
·
Weakness
Umur produk atau daya tahan
produk yang sangat singkat yaitu hanya mampu bertahan maksimal 2 hari saja karena
tanpa bahan pengawet.
·
Opportunity
Keadaan masyarakat yang bisa dikatakan
cukup sibuk untuk menyiapkan makanannya sendiri dan tidak ingin repot untuk hal
itu, maka mereka akan mencari sebuah makanan untuk menggantikan hal itu secara
cepat dan mudah. Terbuat dari bahan yang berkarbohidrat tinggi dan
mengenyangkan sehingga memiliki kesempatan
besar untuk membuat usaha ini diminati, serta dengan adanya kreasi dan
inovasi yang baru, usaha ini memiliki kesempatan untuk menguasai pasar
·
T Threats
Ø
Ancaman yang akan muncul pada usaha ini
adalah produk mudah ditiru
Ø
Selera konsumen variatif
Ø
Banyak makanan dengan variasi yang lain
2. Price
·
Strenght Harga
sangat terjangkau dan di bawah pasaran
·
Weakness
Harga bahan baku yang terkadang tidak stabil.
·
Opportunity
Dengan harga yang terjangkau maka akan meningkatkan minat
konsumen untuk mencoba produk yang kami jual. Jika konsumen menyukainya setelah
mereka mencoba, menilai dan merasakan, maka mereka akan membeli lagi produk
kita.
·
Threats
Pesaing akan membuat inovasi
baru dan harga yang lebih murah dari yang kita jual sehingga akan membuat
persaingan pasar semakin ketat.
3. Place
·
Strenght
Ø
Online store tidak
perlu memiliki atau menyewa toko sehingga modal yang akan di keluarkan
tidak besar dan dapat di akses dimana saja kapan saja
Ø
Selain online store, kami juga menjual produk kami dengan menitipkan produk
di toko atau di warung makan yang dekat dengan tempat pembuatan produk.
·
Weakness
Barang yang di beli
melalui online store tidak langsung di terima oleh konsumen karena harus
menunggu beberapa jam atau beberapa hari dan produk harus dibekukan terlebih
dahulu.
·
Opportunity
Tempat yang kami
titipkan produk ini berada disekitar masyarakat luas sehingga bisa dikenal
masyarakat luas dan bisa meningkatkan penjualan.
·
Threats
Dengan banyaknya
pesaing yang menjual produk makanan dengan berbagai macam varian dan rasa
yang baru bisa menjadikan ancaman.
3.3 Promotion
Langkah
yang kami lakukan untuk memasarkan produk yang kami jual, antara lain:
1.
Membagikan tester kepada konsumen.
Tujuannya supaya mereka dapat merasakan keistimewaan cita rasa pada produk kami.
2.
Mempromosikan produk kami melalui media
sosial seperti Instagram, Facebook dan WhatsApp untuk mempermudah konsumen yang
ingin memesan produk kami.
3.
Menitipkan produk kami di warung makan dan
di toko.
BAB IV
Produk
4.1
Bahan dan alat
Bahan baku
yang kami gunakan adalah:
Bahan | Jumlah | Harga | ||||
|
Keju cheddar
180 gram
Rp 15.000
Sosis
12 pcs
Rp 7.000
Bawang Bombay
2 buah
Rp 3.000
Bawang putih
1 siung
Rp 2.000
Daun bawang
Rp 3.000
Garam
1 bungkus
Rp 2.000
Lada
1 bungkus
Rp 1.000
Telur
2 butir
Rp 3.000
Tepung terigu
¼
Rp 3.000
Tepung roti
110 gram
Rp 4.000
Minyak goreng
¼
Rp 5.000
Total
Rp 81.000
PERALATAN
|
JUMLAH
|
HARGA
|
Kompor gas
|
1
|
-
|
Tabung gas
|
1
|
Rp 18.000
|
Panci
|
1
|
-
|
Teplon
|
1
|
-
|
Sodet
|
1
|
-
|
Talenan
|
1
|
-
|
Pisau
|
1
|
-
|
Mangkuk
|
-
|
|
Sarung tangan plastic
|
10
pasang
|
-
|
Saringan
|
1
|
-
|
Mika
|
20 buah
|
Rp 16.000
|
Plastik klip
|
1
pack
|
Rp 5.000
|
Kertas kue
|
1
pack
|
Rp 1.000
|
Total
|
Rp 39.000
|
4.2 Cara Pembuatan
Cara pembuatan :
1)
Kupas kentang, cuci setelah itu dipotong
menjadi 4 bagian, lalu
rebus selama 30 menit , setelah itu dihaluskan.
2)
Iris tipis bawang bombay dan bawang putih
lalu tumis hingga layu.
3)
Iris daun bawang lalu campurkan dengan
kentang yang telah dihaluskan lalu campurkan dengan garam ½ sendok teh , lalu
masukan bubuk pala ½ sendok teh, ½ sendok teh lada ,lalu aduk adonan kentang
secara merata.
4)
Setelah itu siapkan sosis yang telah
dipotong-potong dan di satukan dengan adonan kentang yang telah di campur
dengan bumbu,lalu bentuk adonan menjadi kotak lalu balur dengan ¼ tepung terigu.
5)
Siap kan 2 butir telur yang telah dikocok
,siapkan tepung panir lalu campurkan adonan kentang dengan telur lalu di balut
tepung panir.
6)
Siapkan minyak goreng yang telah di
panaskan dengan wajan lalu masukan adonan kentang yang telah di baluri tepung
ke dalam wajan hingga kuning
BAB V
ANALISA KEUANGAN
5.1 Analisa Keuangan
a. Pekiraan pengeluaan
Modal sejumlah Rp. 81.000 mampu unruk memproduksi
24 Cheese Potato.
HPP 81.000 : 24
=Rp 3.375
b. Perkiraan Laba/Rugi
Laba yang diinginkan 10%
Laba x HPP
= 20% x Rp 3.375
= Rp675
Harga Jual = Total laba + HPP
= Rp 675 + Rp 3.375
=Rp 4.000
c. Perkiraan Pendapatan
Target Perhari = 24 produksi
Pendapatan = 24 x Rp 4.000 = Rp96.000
Pendapatan perbulan = 30 x Rp 96.000 = Rp 2.880.000
BAB VI
PENUTUP
6.1 Kesimpulan
Berwirausaha merupakan kegiatan untuk menciptakan atau
melakukan sebuah usaha. Ketika kita memulai usaha kita harus berani mengambil
resiko, mampu melihat peluang usaha, kreatif dan inovatif dan tentunya percaya
diri, jujur, dan tekun untuk memasarkan produk.
6.2 Penutup
Demikian proposal ini dibuat, semoga dapat menjadi acuan
dan bahan pertimbangan dalam mendirikan usaha. Maka dari itu, kami mengharapkan
dukungan serta peran dari semua pihak dalam pembentukan usaha ini. Terima kasih
Penulis : Fitri Yanih AP202
izin ada kata2 yang dicopast buat tugas aku ya kak :)
BalasHapusKak boleh ada yang aku copas buat tugas aku?
BalasHapusKak boleh izin kata katanya mau di Copas ke tugas🙏
BalasHapusKak, maaf izin copas ya buat tugas saya🙏🏼 terima kasih
BalasHapus